Pengelolaan Keuangan yang Baik mengandung maksud agar mampu mewujudkan pengelolaan keuangan yang efisien, transparan, akuntabel, tertib dan disiplin dalam batasan perundang-undangan yang berlaku. Penetapan Visi tersebut merupakan perwujudan cita-cita dalam rangka Pengelolaan Keuangan Daerah guna penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kota Banjarmasin, agar dapat berjalan dinamis dan tercapai dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan. Definisi visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, untuk mewujudkan satu sasaran yang mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

Adapun Visi Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin adalah :

  • TERWUJUDNYA PELAYANA PRIMA DAN UNGGUL DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL

Misi adalah landasan Strategis dalam mencapai tujuan organisasi yang secara bersama-sama akan diusahakan terwujud oleh seluruh komponen organisasi. Atas dasar itu semua, maka sesuai visi, tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang ada maka ditetapkan isi Badan Keuangan Daerah adalah :

  • Menciptakan manajemen pengelolaan keuangan daerah yang efektif dan efisien.
  • Mewujudkan tertatanya administrasi pengelolaan aset daerah sehingga tercapai data dan nilai aset daerah  yang meyakinkan.
  • Tercapainya Pelayanan Masyarakat / Wajib Pajak yang transparan, efisien, efektif dan akuntabel, serta meningkatnya Pendapatan Asli Daerah dari Tahun ke Tahun.